Jumat, 14 Oktober 2016

Si Udin Episode 1

Al Kisah, ada seorang anak muda kampung yang bernama Udin. Dia adalah seorang mantan preman yang insyaf dan amat semangat dalam mempelajari Islam dan seluk beluknya. Suatu hari selepas shalat, Udin bertemu dengan guru spiritualnya.

Udin: Ust. Aku mau tanya satu hal boleh?

Ust: Mangga, din. Seseorang kalo pengin berkembang memang harus banyak tanya, din.

Udin: Gini nih tadz, Ane bingung. Kok ane kalo ketemu Ust..... itu rasanya di hati kok beda ya?

Ust: Beda gimana, din. Maksudmu?

Udin: Ya gitu tadz. Ane kalo ketemu Ust. Fulan, hati yang aslinya tenang tentram jadi malah ga karuan. Padahal Ust itu kan terkenal jago dalam baca kitab? Di sisi lain, kalo ane ketemu antum, ganjalan-ganjalan di hati ini rasanya kok langsung plong gitu aja. Padahal kata orang-orang antum ini ya biasa-biasa aja gitu.

Ust: Kok kamu malah ngajak nggunjing orang sih, din? Kalo kamu mau tanya permasalahan. Adabnya ndak usah sebut nama. Digambarkan aja permasalahannya.

Udin: Afwan deh tadz. Maklum masih muda kadang jadi lepas kontrol. Jadi gimana itu tadz jawabannya? Kok orang yang terkenal pintar baca kitab, tapi orangnya malah bikin hati was-was, ndak tentram gitu, tadz.

Ust: Sampean harus tau din. Bahwa ilmu agama, apalagi tasawuf itu bukan cuma tentang kepintaran seseorang dalam membaca kitab-kitab klasik, akan tetapi semua itu berkait erat dengan lelaku hidup, hati yang kosong dari hasrat duniawi, mengenyahkan hati dari melihat diri, mengosongkan jiwa dari sifat-sifat rumongso terhadap pencapaian yang dicapai, dan menghindarkan diri dari sikap fanatisme golongan. Sekali lagi ilmu ini adalah ilmu lakon, din. Jadi antum jangan heran, din. Jika suatu saat antum ketemu lagi sama orang yang model begini. Ilmu hanya dibuat ajang perdebatan. Adu kelihaian dalam membaca kitab. Namun tidak antum temukan dalam ranah lakonnya. Jadi ya, orang yang semacam ini ga aneh kalo rasanya hambar. Atau justru bikin hati was-was dan ga karuan. Sebab ilmu ini pusatnya hati. Bahasa lisan tidak akan banyak berpengaruh dengan apa yang di ucapkan hati, din. Bisa dipahamkan din?

Udin: Iya tadz. Berarti ketentraman itu adalah sikap jiwa yang dipengaruhi sangat oleh hati ya tadz. Terus kalo orang yang hatinya jelek meskipun lisannya berusaha menutupi kejelekkan hatinya, tetep saja akan tercium aroma baunya ya, tadz?

Ust: Persis, din. Ya menata hati bukan perkara yang gampang, din. Kudu terus dilatih. Biar terbiasa.

Udin: Ok deh, Ust. Makasih ya.

Ust: Iya sama-sama. Eh iya satu hal, Din. Biar jadi ilmu buat antum.

Udin: Apaan tuh tadz:

Ust: Biasain bilang Jazakumulloh khoir, din. Buat ganti ungkapan Makasih. Kata Nabi itu ungkapan terimakasih terbaik.

Udin: Oh gitu ya tadz. Apa tadi tadz. Eee... Ja.. Jazakumulloh ya tadz?

Ust: Iya, waiyyakum.

Udin: Oh iya waiyyakum.

Ust: Otu jawabannya din. Ga perlu di tirukan.

Udin: Oh iya ya ya tadz. Ok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar