Jumat, 10 Oktober 2014

Sekelumit Tentang Kasih Sayang

Kasih sayang merupakan sebuah sifat yang sangat dicintai sekali oleh Allah SWT. Ia merupakan salah satu dari sekian akhlaq Allah azza wa jalla, sebagai hamba-Nya yang keren dan luar biasa kita mesti mencontoh akhlaq Allah yang satu ini, at takholluq bi akhlaqillah.berakhlak dengan memakai akhlaq Allah. Kita mesti mau untuk belajar berkasih sayang dimanapun dan kapan pun dan dengan siapapun, sebab kasih sayang dalam Islam tidak berbatas waktu, tempat dan siapa yang menjadi obyek kita berkasih sayang. Hayuuuk dah kita ngomong masalah yang satu ini.
Suatu saat ada seseorang yang saking takutnya ia sama Allah, ia berpesan kepada keluarganya agar jika ia mati jasadnya supaya dibakar saja, selepas ia mati pesan itu pun dijalankan oleh keluarganya. Akhirnya Allah pun memerintah tanah agar mengumpulkan jasad yang telah menjadi abu itu, seketika itu juga jasad itu kembali utuh dan berdiri lantas ditanya sama Allah, Apa yang membuat kamu melakukan hal ini? Dijawab sama orang tadi: “Takut pada-Mu” akhirnya iapun mendapatkan ampunan dari-Nya. Allah memang memiliki kasih sayang yang luar biasa, Kasih sayang Allah lebih luas ketimbang apapun, coba renungkan betapa hanya dengan rasa takut kepada-Nya tukang maksiat mendapatkan kasih sayang Allah yang amat besar berupa pengampunan dosa.
Dalam sebuah hadits dikatakan, irhamuu man fil ardli yarhamkum man fissama’, berkasih sayanglah kamu dengan yang ada di bumi maka yang ada di langit akan berkasih sayang padamu. Dalam hal ini Rasulullah menjadi teladan yang luar biasa, sampai suatu saat kala seekor kucing lewat dihadapan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, ia diminumi oleh Rasul dan setelah itu Rasulullah pun minum dari tempat minum yang sama. Nah loh?
Suatu hari ada seseorang bermimpi bertemu dengan Imam Sibly, lantas ia bertanya: Apa yang Allah lakukan pada-Mu? Di jawab: ”Aku dihadapkan disisi Allah, kemudian aku ditanya: ‘Wahai Aba bakr, kamu tahu sebab apa Aku mengampunkanmu? ‘Aku katakan: ‘sebab amal shalehku’, ‘bukan’, lantas aku bertanya: ‘lantas sebab apa?’ ‘Sebab seekor kucing yang kamu temukan disudut kota Baghdad, kucing yang dalam kondisi lemah sekali sebab kedinginan lalu kamu selimuti kucing itu, dengan sebab kasih sayangmu inilah Aku berkasih sayang padamu’”.
Betapa suatu saat seekor kucing mengitari sumur, ia hampir saja mati karena kehausan, tetiba ada seorang pezina dari Bani Isro’il melihatnya dan secepat kilat ia bereaksi dengan melepas sepatunya lantas kemudian meraih air dan memberi minum kucing tadi, akhirnya iapun mendapatkan semesta ampunan dari Sang Rahman.
Barangkali banyak lagi kisah lain yang serupa, kisah al Imam al Ghazali dengan seekor lalatnya, Sayyidina Umar dengan burungnya, dan yang lain sebagainya. Walhasil kisah kasih sayang yang menjadi sebab mereka mendapatkan keridloan Allah lantas dimasukkan Allah kedalam surga terindah-Nya.
Sifat berkasih sayang ini juga yang menurut al Imam Fudhail Ibn Iyadl menjadi salah satu faktor pendorong mendapatkan predikat wilayah dari Allah yang secara mendetail terdapat tiga faktor yakni: sakhawatunnafs (pemurah), salamatusshadr (hati yang salim), dan yang terakhir adalah arrahmah bil ummah( kasih sayang dengan umat). Ada sesosok yang mendapat predikat wali dari Allah hanya karena seringkali ia menata sandal tapi sebaliknya bahwa ada juga sesosok wali yang tercerabut kewilayahannya hanya gegara melihat seekor kecoa tergelepar tak berdaya dan ia diam saja tidak mau menolong seekor kecoa tadi. Juga seorang wanita yang dimasukkan Allah kedalam neraka gegara seekor kucing yang tidak ia pedulikan. Maka sekecil apapun bentuk kasih sayang kita kepada pihak lain, jika itu yang membuat Allah ridlo adalah lebih baik ketimbang kebaikan seperti apapun. Sebab Allah tiada melihat besar kecilnya amal melainkan bagaimana amal yang kita lakukan dipandang dengan keridloan oleh-Nya yang Maha Rahman yang Maha Rahim.
Astaghfirullaha min qoulin bilaa amalin laqod nasabtu bihi naslan lidzi uqumii.
Petang ke 4 Ramadlan Karim (semoga Rahmat Allah terus tercurah disekujur jasad dan hati kita)

1 komentar:

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    BalasHapus