Kamis, 14 Mei 2015

BERDUSTA SAMA RASUL

Sebuah hal yang sangat tidak bisa dianggap sederhana, adalah sikap berbohong yang di lancarkan pada orang lain. Seperti yang dimengerti bersama bahwa masih mungkin jika seorang muslim itu pelit, atau berlaku jelek
lainnya tapi tidaklah mungkin ia berlaku dusta/bohong. Terlebih berbohong pada Rasulullah shallallahu laaihi wasallam. Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda:
ﻣﻦ ﻛﺬﺏ ﻋﻠﻲ ﻣﺘﻌﻤﺪﺍ ﻓﻠﻴﺘﺒﻮﺃ ﻣﻘﻌﺪﻩ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺎﺭ

"Barang siapa berbohong atasku secara sengaja maka diamilah neraka sebagai tempat tinggalnya"

Sebuah ancaman keras bagi kita agar jangan sampai berbuat bohong kepada Rasul, jika tidak, kita akan dijebloskan kedalam neraka.

Termasuk dari pembohongan terhadap beliau adalah meriwayatkan apa yang sama sekali tidak pernah dialami oleh beliau lalu kemudian menisbatkannya kepada beliau, entah itu berupa ucapan, perbuatan, ketetapan, dan yang lainnya yang terkait dengan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Atau dalam musthalah hadits, kerap diistilahkan dengan hadits maudlu' (palsu).

Banyak sekali motif dibalik pemalsuan hadits diantaranya adalah usaha membantu satu sekte, seperti yang dilakukan khottobiyah yang banyak memalsukan hadits sebagai dalil atas bid'ah agama yang dilakukannya. Usaha mendekati raja dan sultan, mereka-reka hadits yanng sejalan dengan kehendak mereka. Usaha mencari rizqi dan pekerjaan. Usaha membantu mufti ketika terjadi kesalahan. Usaha mendorong manusia untuk berbuat baik. Juga usaha mendidik akhlak anak. dan lain sebagainya yang itu semua htidak bisa dibenarkan sama sekali.

Pemalsuan hadits mengemuka pada tahun 41 hijriyah. Kala itu kaum muslimin terpecah belah menjadi banyak madzhab, mereka terpecah kedalam syiah, khawarij dan kaum mayoritas. Mengemukalah bid'ah dan kepentingan hawa nafsu, sehingga mereka yang punya kepentingan sampai berani membuat-buat hadits untuk menguatkan madzhab yang mereka anut.

Berikut adalah sekelumit contoh dari hadits maudlu'
ﺍﻟﺒﺎﺫﻧﺠﺎﻥ ﻟﻤﺎ ﺍﻛﻞ ﻟﻪ
Terong dimakan berkhasiat untuk apapun
ﺑﺨﻼﺀ ﺍﻣﺘﻲ ﺍﻟﺨﻴﺎﻃﻮﻥ
Orang bakhilnya umatku adalah para penjahit
ﺍﻟﺴﻮﺍﻙ ﻳﺰﻳﺪ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻓﺼﺎﺣﺔ
Siwak menambah kefashihan lelaki
ﻣﻦ ﺣﻠﻖ ﺭﺃﺳﻪ ﺍﺭﺑﻌﻴﻦ ﺍﺭﺑﻌﺎﺀ ﺻﺎﺭ ﻓﻘﻴﻬﺎ
Barang siapa mencukur kepalanya 40 Rabu, maka
ia akan jadi Ahi fiqh
Dan lain sebagainya. Bahkan seorang yahudi ketahuan memalsukan hadits sampai 12.000 hadits.

Yang amat di sayangkan adalah banyak kitab-kitab yang masyhur dikalangan pesantren yang ternyata memuat banyak hadits maudlu, padahal hadits ini tidak boleh diriwayatkan kecuali hanya untuk menginformasikan bahwa itu hadits maudlu'. Bukan tidak menghormati mereka para muallif kitab, atau kurang ajar terhadap mereka. Tapi ini adalah realita yang itu mesti harus diluruskan.

Diantara kitab-kitab yang dimaksud adalah:
-Kitab as-Syihab karya al Qodlo'i
-Kitab al-Hakim at Tirmidzi
-Kitab-kitabnya al-Waqidy seperti Futuhussyam
-Tafsir Ibnu Abbas
-Nuz_hatul majalis wa muntakhobun nafais karya
as Shofury
-Tanbihul ghofilin
-Qurrotul uyun
-Mufarrihul qolbil mahzun, ketiganya milik Abillays
as Samarqandi
-Qoshosul anbiya milik as Tsa'laby
-Durrotun Nashihin karya al Khowbawi
-Badaiuzzuhur fi waqaiqidduhur karya Ibnu iyas
-ar-Raudl al faiq fil mawaidh warraqaiqkarya al
harifisy
-washoya al imam Ali.
Bahkan suatu saat Abi Ihya, salah seorang santri Abuya As-Sayyid Muhammad bin Alawy al Maliki, usai membeli Tafsir Ibn Abbas, diperlihatkan kepada Abuya, "Abuya, Kitab baru abuya, tafsirnya Ibnu Abbas" Dijawab Abuya, " Oh iya, kamu bakar saja!"

Barangkali kita terperanjat membaca rentet kitab populer diatas, qurrotul uyun yang menjadi rujukan santri yang ingin menikah, tanbihul ghofilin, washoya al Imam Ali, Durrotun Nashihin yang semua itu sangat akrab dengan kehidupan pesantren salaf. Tapi inilah realita yang mesti diluruskan. Sebab apapun itu jika mengkaitkannya kepada Nabi memang harus selektif benar sehingga kita tidak termasuk dari golongan orang
yang "kadzaba" kepada Sang Kinasih Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Wallahu yatawallal jamia biriayatih.
#Pojok maktabah dingin Pujon
Jumat 24 April 2015

Selepas membaca,
-Tanzihussyariah al marfuah annil akhbari
syaniah al maudluah
-Manhalul Lathif fi ushulil hadits assyarif
-Al Baits al hatsits fi bayanil wadh_i fil hadits
Wallahu a'lam bisshawwab

1 komentar:

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    BalasHapus